Senin, 05 November 2012

Ketika Bunga Tulip Bermekaran di Floriade Canberra


1348290097826999605
Saya beruntung dalam kunjungan ke ibu kota Australia yang sepi sempat menyaksikan festival bunga tahunan yang diadakan di Commonwealth Park Canberra. Festival bunga yang disebut Floriade ini diadakan pertama kali sejak tahun 1988 untuk memperingati 200 tahun diketemukannya benua Kangguru dan juga ulang tahun ke 75 kota Canberra. Sejak saat itu, setiap awal musim semi, ketika musim dingin baru saja berlalu dan bunga mulai bermekaran di adakanlah festival atau pesta bunga yang selalu menarik pengunjung baik dari kota Camberra, seluruh Australia dan juga wisatawan manca negara.
Floriade yang ke 25 ini mulai dibuka pada 15 September 2012 yang baru lalu dan akan diadakan sebulan penuh sampai 14 Oktober bulan depan. Asyiknya lagi, pengunjung dapat menikmati keindahan mekaranya lebih dari sejuta bunga dengan gratis alias tidak dipungut bayaran, Di Australia yang serba mahal, maka hiburan seperti ini sangat menarik hati dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.
13482901981920620712
Lebih asyik lagi dari pusat kota Canberra, lokasi Commonwealth Park dapat ditempuh dengan berjalan kaki dengan santai dalam waktu sekitar 8 menit saja. Dan bagi yang malas berjalan kaki bahkan disediakan shuttle bus yang juga gratis selama diadakan event tahunan ini. Tentun saja kita juga dapat menuju lokasi dengan Actiion Bus maupun taksi.
Saya memasuki kawasan Floriade lewat Regatta Point di Commonwealth Park ini dengan hati yang riang, mungkin terbawa oleh keadaan sekeliling dimana orang-orang di sekitar saya juga pada umumnya sedang bergembira. Terutama sekali keadaan sekitar dimana kemanapun mata memandang yang terpampang adalah hamparan bunga dengan berbagai macam warna yang ditata dalam rancangan dan pola yang sangat menawan dan menyejukan hati dan jiwa. Sementara wewangian semerbak bebungaan tadi juga memberi efek aromaterapi yang mengagumkan. Pendek kata hati menjadi ringan dan senang.
1348290245958315248
Selain berjenis bunga dengan berjuta warna dan rancangan, kita juga bisa naik bianglala atau Ferris Wheels dan menyaksikan keindahan Floriade dari ketinggian sekitar 35 meter. Dari atas ini, rancangan dengan tema garden bed yang beranekaragam dapat dinikmati dengan lebih sempurna. Bagi kanak-kanak, remaja dan mereka yang berjiwa muda, tersedia beragam permainan yang membuat mereka juga selalu sibuk dan riang.
Saya pun terpesona dengan bunga-bunga yang terhampar, warna merah, ungu, hijau, kuning, biru, pink, dan berjuta kombinasinya berpadu dengan wanginya yang mempesona. Di tempat ini, waktu seakan-akan berhenti dan saya juga seakan-akan terbawa dalam dunia dongeng para pangeran , tuan puteri dan peri dari masa kanak-kanak yang indah.
1348290285751759492
Namun ketika berjalan mengitari Commonwelath Park ini, saya sampai ke sebuah panggung hiburan yang disebut Stage 88. Di sini dimainkan musik yang ringan dan riang, sesaui dengan tema Floriade tahun ini yaitu Style and Design.
Bagi yang belum puas menikmati Floriade di sore hari, bisa melanjutkannya sampai malam hari ketika arena ini berubah menjadi Floriade Night Festival dimana lampu-lampu berbagai acara akan dapat kita nikmati. Sayangnya Night Festival ini baru akan diadakan pada 26 hingga 30 September 2012 saja dimana saya sudah akan meninggalkan kota Canberra yang sepi, namun indah dan tidak mudah dilupakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar